Account & Billing

  • Kesalahan Penagihan

    Seluruh permintaan terkait kesalahan penagihan ataupun pembayaran dapat diajukan melalui form tertulis ke CBN selambatnya 7 (tujuh) hari sejak tanggal jatuh tempo seperti tercantum di Lembar Tagihan CBN. Jika tidak ada keberatan dalam periode tersebut, maka tagihan CBN di bulan tersebut dianggap benar.

    Segala pertanyaan terkait kesalahan penagihan ataupun pembayaran tidak akan diproses jika kesalahan bukan dari pihak CBN.

  • Ketentuan Penggunaan Layanan

    Layanan CBN khusus untuk pelanggan terdaftar dan pihak lain yang telah diberikan wewenang dari pelanggan terdaftar sebagaimana tertulis dalam formulir pendaftaran. Pelanggan bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan dan penggunaan layanan yang dilakukan dengan nama dan kata sandi pengguna.

  • Metode Pembayaran

    • Kartu Kredit (Visa, Master, BCA Card, Autopay Credit Card)
    • Pembayaran elektronik (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Auto Debet)
    • Cek & Giro
    • Virtual Account
    • Payment Point

    Biaya transfer, pajak, dan lainnya diluar biaya berlangganan CBN akan dibebankan kepada pelanggan.

    Jika koneksi internet pelanggan berstatus “aktif” maka tidak diperlukan pengiriman bukti pembayaran yang dilakukan melalui ATM dan Internet Banking. Anda dapat merubah metode pembayaran dengan mengirimkan Formulir Perubahan Metode Pembayaran

    Metode Pembayaran CBN

  • Biaya Administrasi

    Seluruh perubahan data dan fasilitas (termasuk perubahan atas permintaan pelanggan) akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  • Pembekuan Akun

    Pembekuan akun akan diberlakukan jika tidak ada pembayaran tagihan setelah melewati masa jatuh tempo dan email pengingat keterlambatan pembayaran ke email pelanggan yang terdaftar. Akun Anda akan kembali aktif setelah seluruh tagihan telah dibayar penuh.

  • Pemberhentian Layanan

    Konfirmasi pemberhentian layanan harus dikirimkan secara tertulis melalui Formulir Pengakhiran Layanan (Account Closing Form) pada akhir bulan penagihan dan tidak ada kekurangan pembayaran tagihan. CBN tidak bertanggung jawab terhadap pengembalian jika terdapat kelebihan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Kelebihan pembayaran tersebut akan dikreditkan pada tagihan CBN bulan berikutnya atau ditransfer ke akun pelanggan CBN lain.

  • Pemberhentian Layanan Sementara

    Pemberhentian layanan sementara dapat dilakukan 1x/ tahun dengan periode maksimal 3 bulan mulai dari tanggal pemberhentian sementara dan tidak ada kekurangan pembayaran tagihan.

    Jika pemberhentian sementara melewati periode waktu yang ditentukan, maka pelanggan harus mendaftarkan ulang sebagai pelanggan baru.

    Silakan hubungi CBN Customer Care di 1500780 atau aplikasi mobile diCBN untuk informasi lebih lanjut.

  • Pengumuman

    Seluruh informasi terkait layanan akan dikirimkan melalui email yang terdaftar di CBN.

  • Regulasi Finansial CBN

    Regulasi Finansial yang tercantum di tagihan bulanan CBN berlaku untuk seluruh metode pembayaran.

    Seluruh peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh CBN dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya dan mulai berlaku sejak diumumkan.

  • Forms

    Formulir permintaan perubahan data atau fasilitas dapat diunduh di sini

    Silakan cetak dan isi formulir sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengirimkan formulir dan dokumen pendukung lainnya melalui email customercare@cbn.net.id.

  • Status Pembayaran

    CBN menyarankan pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan melalui metode pembayaran online yang akan ter-update secara otomatis. Pembayaran melalui transfer bank baru akan terdeteksi dalam waktu 3 hari kerja terhitung sejak pembayaran dilakukan. Pembayaran yang dilakukan selama bulan berjalan akan tercetak di tagihan bulan berikutnya.

    Pelanggan dapat melihat status pembayaran melalui CBN Member Center atau aplikasi mobile diCBN. Silakan mengisi username dan password Anda, kemudian pilih “Payment Info” setelah login.

    Setiap pembayaran di bulan berjalan akan tercantum pada tagihan CBN bulan selanjutnya.

  • Status Penggunaan Internet

    Anda dapat memeriksa status penggunaan internet, baik secara detail atau ringkasan keseluruhan di CBN Member Center. Silakan mengisi username dan password, kemudian pilih “Billing Time” setelah Anda login.

    Di bagian menu, Anda bisa pilih “Current” (untuk mengecek penggunaan bulan berjalan) atau “Previous” (untuk mengecek penggunaan bulan lalu).

    Mohon diperhatikan bahwa CBN hanya menyimpan data pelanggan bulan berjalan dan status penggunaan internet bulan sebelumnya. Hal Ini berlaku untuk semua metode permintaan (melalui walk-in service, telepon, email dan website)

  • Pajak Jasa

    Tagihan bulanan CBN Anda dikenakan pajak jasa sesuai dengan regulasi pajak di Indonesia.

    Info selengkapnya

  • Pengingat Pembayaran Tagihan

    CBN akan mengirimkan tagihan bulanan Anda melalui email dan kurir (hard copy) dan mengirimkan pengingat pembayaran melalui email dan telepon setiap bulannya. Jika pembayaran belum diterima saat tanggal jatuh tempo, maka kami akan membekukan (freeze) sementara akun CBN Anda.

  • Saldo Terhutang

    Mengapa pembayaran bulan sebelumnya tidak tersimpan di tagihan bulanan berikutnya?

    Ada beberapa kemungkinan mengapa pembayaran CBN Anda di bulan sebelumnya tidak tersimpan.

    1. Anda telah melakukan pembayaran setelah jatuh tempo atau di bulan berikutnya.
    2. Anda tidak mengirimkan konfirmasi pembayaran ke CBN melalui email atau fax. Konfirmasi wajib dilakukan jika Anda melakukan pembayaran melalui transfer bank ke rekening BCA 217 300 249 1
  • Status Pembekuan Akun Sementara

    CBN akan membekukan sementara akun Anda jika:

    1. Anda tidak melakukan pembayaran pertama, 7 hari setelah akun Anda diaktifkan.
    2. Anda tidak melakukan pembayaran tagihan CBN setelah tanggal jatuh tempo.

    Bagaimana cara mengaktifkan kembali akun CBN saya?

    Anda dapat mengaktifkan kembali akun CBN dengan melakukan pembayaran penuh tagihan (atau pembayaran bulan berikutnya jika Anda sudah menonaktifkan sementara akun Anda).

    Jika Anda melakukan pembayaran CBN dengan metode pembayaran online, maka akun akan aktif kembali secara otomatis setelah pembayaran. Apabila Anda melakukan pembayaran offline (transfer bank), mohon kirimkan konfirmasi dan bukti pembayaran ke CBN melalui:

    1. CBN Customer Care 1500 780
    2. Akun Anda akan diaktifkan kembali dalam waktu 24 jam setelah konfirmasi diterima oleh CBN.

    Mohon diperhatikan bahwa beberapa bank akan mengirimkan informasi mengenai pembayaran Anda ke CBN H+1 setelah Anda melakukan pembayaran.

    Apakah saya bisa menonaktifkan sementara akun CBN?

    Anda bisa menonaktifkan sementara akun Anda selama maksimal 3 bulan. Mohon diperhatikan bahwa:

    1. CBN tidak akan menerapkan sistem pro-rata untuk pembayaran mengenai akun yang nonaktif sementara.
    2. Jika Anda menonaktifkan sementara akun Anda di pertengahan bulan, kemudian Anda masih harus membayar penuh tagihan bulanan.
    3. Wajib untuk mengirimkan pemberitahuan akun nonaktif sementara melalui CBN Customer Care 1500780.
  • Menerapkan Pengiriman Tagihan Secara Online (e-billing)

    CBN menyediakan opsi perubahan metode pengiriman tagihan secara online (e-billing). Tagihan hanya akan dikirimkan melalui e-mail terdaftar, dan tidak dikenakan biaya cetak tagihan sebesar Rp 10.000,-

    Silakan hubungi CBN Customer Care 1500 780 untuk informasi dan pendaftaran.

  • Bea Meterai

    Sesuai dengan UU RI No 10 Tahun 2020, terdapat perubahan bea meterai sebagai berikut:

    1. UUD 10 Tahun 2020 Bab II Pasal 3 Ayat 2G
      Pengenaan tarif Bea Meterai tunggal Rp. 10.000 untuk nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) > Rp. 5.000.000
    2. UUD 10 Tahun 2020 Bab XI Ketentuan Peralihan Pasal 28
      Meterai lama (Rp. 6.000 dan Rp. 3.000) dapat digunakan hingga jangka waktu 1 (satu) tahun setelah UU No. 10 Tahun 2020 mulai berlaku dengan nilai total Meterai tempel yang dibubuhkan pada dokumen paling sedikit Rp. 9.000 (Sembilan Ribu Rupiah)

    For more information, call tax hotline 1 500 200 or visit website pajak.go.id.